Ranah
Featured Video Play Icon

WR Supratman Pahlawan Nasional Dari Dunia Musik

Sepanjang usia Republik Indonesia, ideologi dan pandangan politik seringkali silih berganti. Ini juga menyebabkan pasang surut pamor para pemimpin dan pahlawan. Ada masanya seorang pahlawan dipuja-puja sementara di saat lainnya dia justru dicaci maki. Catatan sejarah kita sudah menunjukkan peristiwa itu berulangkali.

Hanya satu tokoh yang mungkin akan mendapatkan pengecualian yaitu Wage Rudolf Supratman. Sulit untuk menggugatnya, sebab dia meninggalkan nada yang terus mengiringi nafas Republik yaitu lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selama merah putih berkibar, maka Indonesia Raya akan terus berkumandang. Kita tidak bisa melupakan WR Supratman.

WR Supratman bukan sekedar pencipta lagu tetapi dia juga seorang wartawan, guru dan bahkan sempat bekerja di perusahaan dagang. Musik telah menjadi jiwanya, Indonesia jadi gagasannya. Sebelum syair-syair penting bangsa ini lahir, WR Supratman bahkan sempat bergabung dengan kelompok musik jazz.

Kita mengenang WR Supratman karena Indonesia Raya, Ibu Kita Kartini, Di Timur Matahari serta lagu Dari Barat Sampai ke Timur. Karya-karya yang abadi sepanjang masa.

WR Supratman tidak sempat menikmati alam kemerdekaan. Dia wafat pada tanggal 17 Agustus 1938. Tepat 7 tahun sebelum lagu Indonesia Raya berkumandang di alam kemerdekaan Indonesia.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Scroll Up