Ranah
Featured Video Play Icon

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Sejarah Dan Perubahannya

Kita ingat pada masa Orde Baru, Pancasila dan UUD 1945 terlihat seperti duo statik yang keabsahannya mirip kitab suci. Sebagai produk buatan manusia, UUD 1945 berusaha disakralkan dengan tiada membuka ruang untuk perubahan. Pada kenyataannya, pelaksaaan UUD 1945 di masa itu juga mengalami banyak penyimpangan.

Sejarah perubahan UUD 1945 sebenarnya sudah dimulai sejak munculnya konstitusi RIS pada akhir 1949. Mosi integral Natsir yang kemudian membuat Indonesia kembali berbentuk negara kesatuan memunculkan UUD Sementara 1950.

Pasca Pemilu 1955 dibentuklah Konstituante yang tugas utamanya adalah merumuskan UUD sebagai pengganti UUDS 1950. Selama 4 tahun Konstituante berusaha merumuskan UUD. Perdebatan ideologi dan dasar negara mewarnai risalah sidang-sidang konstituante. Lembaga itu dianggap gagal merumuskan UUD.

Dekrit Presiden Sukarno 5 Juli 1959 adalah titik awal sakralisasi UUD 1945. Pembubaran Konstituante menutup peluang untuk membuat perubahan UUD 1945. Padahal para pendiri bangsa kita jauh-jauh hari menganggap UUD 1945 masih memiliki kekurangan sehingga perlu disempurnakan.

Sakralisasi UUD 1945 berlanjut hingga 32 tahun masa pemerintahan Suharto. Baru setelah Reformasi, amandemen terhadap konstitusi dilakukan.

Empat kali amandemen selama empat tahun. Ada yang tidak puas, ada yang menuding banyak kepentingan dalam perubahan dan bahkan ada yang menginginkan kita kembali melaksanakan UUD 1945 sebagaimana naskah awalnya.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Scroll Up