Ranah

Rahasia Caladium, Bunga Persembahan Untuk Raja Raja Thailand

Caladium Thailand terkenal sangat kaya warna dan corak daunnya, mungkin tak banyak yang mengira warna warni nan cantik itu lahir begitu saja. Sejatinya, Caladium Thailand telah melalui proses panjang pemuliaan selama berpuluh-puluh tahun, dari generasi ke generasi hingga akhirnya diperoleh varian-varian luar biasa seperti sekarang ini.

Konon ceritanya, persilangan Caladium di Thailand awalnya bertujuan untuk mendapatkan varian-varian tercantik yang akan dipersembahkan pada raja tercinta mereka, tetapi kemudian dalam perkembangannya, Caladium mereka telah menjadi komoditas hortikultura yang mendunia.

Secara alami persilangan pada Caladium hampir tak pernah terjadi, karena morfologi bunganya tidak memungkinkan untuk itu. Putik, atau bunga betinanya terlindung oleh seludang menggelembung seperti balon. Penyerbukan sendiri dalam satu bunga pun tidak akan bisa terjadi karena waktu pematangan putiknya satu hari lebih cepat, tidak bersamaan dengan pematangan serbuk sari bunga jantannya yang terjadi satu hari kemudian.

Karena itulah campur tangan manusia sangat diperlukan untuk mendapatkan varian-varian barunya melalui persilangan buatan. (Gambar 1 Fase-fase pembungaan Caladium).

Untuk melakukan persilangan Caladium, diperlukan paling sedikit dua tangkai bunga dari tanaman Caladium yang berbeda. Tanaman dengan bunga yang lebih cepat keluar serbuk sarinya bisa dijadikan sebagai induk jantan (gambar A), sedangkan tanaman dengan bunga yang waktu pematangan putiknya terjadi bersamaan dengan pematangan serbuk sari tanaman induk jantan atau setelahnya, bisa dijadikan induk betina (gambar B).

Serbuk sari yang diambil dari bunga jantan bisa langsung dioleskan pada putik bunga betina matang yang sudah dikelupas seludangnya (gambar C). Serbuk sari bisa juga disimpan terlebih dahulu dalam wadah tertutup rapat di kulkas, menunggu sampai ada bunga betina yang siap diserbuki.

Tanda penyerbukan berhasil adalah terbentuknya buah-buah kecil berwarna putih yang akan berhamburan ketika matang (gambar D). Di dalam buah-buah itu terdapat biji-biji kecil yang jika disemai akan bertumbuh menjadi tanaman-tanaman baru yang berbeda dengan ke-2 induknya (gambar E).

Keterangan gambar Fase-Fase Pembungaan Caladium.
H – 1. Fase kuncup. Seludang masih menutup.
H. Fase pematangan putik. Seludang bagian atas membuka penuh. Bunga jantan terlihat di bagian atas. Putik atau bunga betina di dalam seludang balon jika dipegang terasa lengket atau berlendir, tandanya siap menerima penyerbukan.
H+1. Fase pematangan serbuk sari. Diawali dengan keluarnya aroma harum dan menghangatnya bunga jantan setelah magrib, disusul dengan keluarnya serbuk sari mulai menjelang tengah malam sampai pagi hari. Masa reseptif putik berakhir.

Berikut ini adalah beberapa Caladium silangan saya sendiri. Berharap suatu saat akan menjadi salah satu Caladium Indonesia di masa yang akan datang. Masih sangat sedikit, namun setidaknya perjalanan kita membangun Caladium Indonesia telah dimulai. Semoga tulisan ini banyak memberi inspirasi dan menambah semangat para pencinta Caladium Indonesia terus berkarya.

Salam hati.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Scroll Up