Panen Raya Pelanggar Perluasan Ganjil Genap

Sejak diberlakukannya perluasan aturan ganjil genap sejak 1 Agustus 2018, polisi telah menindak ribuan pengendara mobil. Menurut keterangan polisi, sebagaimana dikutip oleh detik sekitar 1.102 pengendara ditilang pada hari pertama penerapan perluasan ganjil genap. Sebagian besar pelanggaran terjadi di ruas jalan MT Haryono yang mengarah ke Pancoran.

Para pengendara menggunakan berbagai modus untuk menghindari penindakan dari polisi.  cnnindonesia mengamati beberapa pelaku pengendari yang mengaku lupa, menggunakan pelat bodong dan bahkan menerobos begitu saja.

republika menyoroti besarnya jumlah pelanggar padahal sosialisasi dan uji coba sudah dilakukan sejak 1 sampai 31 Juli. Sebagaimana diketahui perluasan ganjil genap ini dilakukan dalam rangka menyambut Asian Games 2018 sebagaimana peraturan yang dikeluarkan oleh Gubernur DKI Jakarta.

tempo.co memaparkan dampak yang ditimbulkan oleh perluasan ganjil genap yang menimbulkan kemacetan pada ruas-ruas jalan tertentu hingga tengah malam. Beberapa pengendara mengaku kemacetan ini jauh lebih buruk dibandingkan sebelum pelaksanaan aturan ini.

Jalanan ibukota sepertinya butuh solusi menyeluruh jangka panjang.