Ranah
Featured Video Play Icon

Kusbini Sang Pencipta Bagimu Negeri

Syair Bagimu Negeri yang dinyanyikan dalam upacara-upacara nasional selalu menghadirkan kekhusyukan dalam jiwa kita. Sebuah ode yang dibalut dengan nada sendu. Kita membayangkan Indonesia di masa lalu dan masa depan lewat Bagimu Negeri.

Kusbini sang pencipta lagu itu, memiliki latar belakang musik keroncong. Tidak heran kesyahduan Bagimu Negeri memiliki tempat sendiri dalam deretan lagu-lagu nasional yang kita miliki.

Lagu itu diciptakan Kusbini pada masa penjajahan Jepang. Konon sebelum menciptakan, dia banyak berdiskusi dengan Bung Karno. Untuk pertama kalinya lagu itu dinyanyikan oleh Ibu Sud di stasiun radio pendudukan Jepang.

Selain sebagai pencipta lagu, Kusbini juga dikenal sebagai salah satu penggagas penting sekolah seni di Indonesia. Cikal bakal Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta berawal dari Sekolah Olah Seni Indonesia (SOSI) yang diasuhnya bersama putra-putri.

Kusbini telah mendahului kita pada tahun 1991. Dia telah memberikan segalanya untuk negeri. Menyisakan pertanyaan untuk kita, apa yang bisa kita berikan untuk negeri ini?

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Scroll Up