Ranah
Featured Video Play Icon

Jejak Perpindahan Ibukota Republik Indonesia

Sejak kemerdekaan Indonesia, ibukota negara telah beberapa kali mengalami perpindahan. Semua perpindahan tersebut didasari oleh situasi perang melawan Belanda. Sekarang wacana pemindahan dilakukan dengan alasan berbeda.

Jakarta

Jakarta adalah ibukota warisan kolonial. Kota ini mulai dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan perdagangan sejak zaman VOC. Selanjutnya pemerintah kolonial Belanda, Jepang dan Indonesia menjadikannya pusat pemerintahan.

Yogyakarta

Ibukota terpaksa dipindahkan ke Yogyakarta akibat kondisi Jakarta yang tidak aman dengan kedatangan kembali Belanda. Yogyakarka kemudian jadi episentrum perjuangan kemerdekaan Indonesia hingga kemudian Agresi militer Belanda kedua memaksa ibukota untuk pindah kembali.

Sumatera Barat

Setelah Yogyakarta diduduki Belanda, para pemimpin republik memindahkan ibukota ke Bukittinggi dan mendirikan PDRI. Dua hari berselang ibukota pindah ke pedalaman Halaban. Untuk selanjutnya lokasi ibukota berpindha-pindah di rimba raya Sumatera Barat hingga Bidar Alam di Kabupaten Solok Selatan.

Palangkaraya

Palangkaraya satu dari sedikit ibukota propinsi yang bukan peninggalan kolonial Belanda. Kota itu mulai dibangun sejak 17 Juli 1957. Bung Karno memiliki cita-cita besar agar kelak Palangkaraya bisa menggantikan Jakarta sebagai ibukota Indonesia. Rencana itu belum terwujud dan sekarang dihidupkan kembali.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Scroll Up