Ranah
Featured Video Play Icon

Jalur Sutera Penyelundupan Narkotika Sabu Dari Cina ke Indonesia

Sebagaimana barang konsumsi halal, Indonesia pun sekarang sudah menjadi surga untuk barang-barang haram. Kepulauan Indonesia tidak lagi hanya jadi tempat transit perdagangan narkoba tetapi pasar menjanjikan untuk jaringan narkotika internasional.

Cina adalah salah satu negara asal narkoba terutama jenis sabu-sabu yang masuk ke Indonesia. Berbagai upaya menghadang masuknya barang haram itu mungkin belum sebanding dengan besarnya jumlah yang berhasil diselundupkan.

Sabu dari Cina masuk ke Indonesia dengan berbagai cara. Di pulau Sumatera, Sabu masuk dari Malaysia kemudian melewati pulau-pulau kecil di kepulauan Riau hingga kemudian membanjiri daratan Sumatera. Sementara di Kalimantan dan Sulawesi, Sabu masuk lewat Nunukan dan Pontianak.

Di Papua, Narkotika masuk dari Papua Nugini melalui daerah perbatasan Skow. Sementara di Bali dan Nusa Tenggara, barang haram itu sering masuk lewat udara diselundupkan dengan pesawat-pesawat komersil.

Sementara pulau Jawa sebagai pasar terbesar di Indonesia menerima narkoba yang dikirim melalui Natuna, Bangka hingga perairan Banten.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Scroll Up