Ranah
Featured Video Play Icon

Indonesia Raya : Kronik Lagu Kebangsaan

Indonesia Raya. Lagu kebangsaan yang diperdengarkan setiap upacara bendera. Mengiringi naiknya bendera Merah Putih. Mengharukan jiwa manakala berkumandang dalam setiap prestasi yang dicapai oleh anak bangsa.

Ada getar berbeda yang kita rasakan ketika Indonesia Raya berkumandang. Ini bukan sekedar lagu kebangsaan pengiring seremonial belaka. Lagu ini adalah spirit tak kunjung dari perjalanan panjang bangsa Indonesia.

WR Supratman pertama kali memperdengarkan lagu ciptaannya ini dalam Kongres Pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 di Jakarta. Tanpa perlu permufakatan panjang apalagi perdebatan, lagu ini langsung jadi simbol perjuangan berdampingan dengan bendera merah putih.

Notasi Indonesia Raya pertama kali muncul di lembar mingguan Sin Po. Lagu ini kemudian direkam dalam piringan hitam oleh perusahaan Tio Tek Hong. Indonesia Raya segera menjadi piringan hitam paling dicari saat itu. Dicari oleh rakyat yang mendambakan kemerdekaan dan juga dicari oleh penguasa kolonial yang ingin menghancurkannya.

Hari ini kita terus mendengarkan Indonesia Raya berkumandang. Adalah tugas kita untuk tidak hanya mendengarkan tetapi juga membuat Indonesia Raya terdengar ke seluruh dunia lewat prestasi yang membanggakan bangsa.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Scroll Up