Ranah
Featured Video Play Icon

Ibu Sud Dari Nenek Moyangku Hingga Berkibarlah Benderaku

Saridjah Niung Bintang Soedibjo atau populer dengan nama Ibu Soed. Perempuan asal Sukabumi, Jawa Barat ini merupakan guru musik, penyiar radio, dramawan dan pencipta lagu anak-anak.

Ayah kandungnya adalah Mohamad Niung, pelaut asal Bugis yang menetap di Sukabumi dan menjadi pengawal J.F. Kramer. Seorang pensiunan Wakil Ketua Hoogerechtshof.

Dari JF Kramer, yang jadi bapak angkatnya itu, Ibu Sud belajar memainkan instrumen musik. Walaupun belajar dari orang Belanda tetapi justru lewat musik Ibu Sud menemukan nasionalisme ke-Indonesia-annya.

Saat WR Supratman memainkan Indonesia Raya dalam Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928, Ibu Sud ikut mengiringinya dengan memainkan biola.

Kecintaannya pada anak-anak sudah muncul lewat lagu-lagunya yang tercipta puluhan tahun lalu. Ibu Sud mengajak anak-anak untuk mencintai laut dengan lagu Nenek Moyangku. Dia juga terus mengingatkan kita untuk bangga dengan Merah Putih lewat lagu Berkibarlah Benderaku.

Selain dua lagi di atas masih banyak lagu ciptaan Ibu Sud lainnya. Lagu  Hai Becak,  Tik Tik Bunyi Hujan, Berkibarlah Benderaku, Nenek Moyangku, Kereta Apiku, Menanam Jagung, Pergi Belajar,  dan lagu Himne Kemerdekaan adalah beberapa lagu dari 400 lebih yang dikarangnya.

Ibu Sud meninggalkan kita semua pada tahun 1993. Dia mewariskan kegembiraan yang abadi untuk anak-anak Indonesia

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Scroll Up