Ranah

15 Anak Muda ke Pulau Sebatik, Ada Apa?

Satu pulau kecil dua Negara, Sebatik namanya. Pulau itu jadi negeri tapal batas sejak Persetujuan Tapal Batas Laut Indonesia dan Malaysia pada 17 Maret 1970. Sebatik masuk kategori Pulau-Pulau Kecil Terluar atau PPKT, Pulau Sebatik terbagi menjadi dua bagian yaitu Utara dan Selatan dan wilayah ini masuk dalam provinsi Kalimantan Utara.

Kementerian Koordinator Bidang Maritim mengumpulkan mahasiswa dan generasi muda dalam Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) dan Pulau Sebatik jadi salah satu tujuannya. Ini ekspedisi kedua, setelah tahun lalu dilakukan di tempat yang sama. Ekspedisi setengah bulan itu akan dilakukan pada 25 September nanti.

Serupa dengan kegiatan pemberdayaan lainnya, ekspedisi ini berangan-angan terbentuknya peningkatan akses kebutuhan bahan pokok sehari-hari, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan dan sarana dan pra sarana . 15 orang anak muda sudah melewati berbagai tahapan, mereka akan dikirim Kementerian dengan kapal perintis ke pulau Sebatik.

Di pulau Sebatik, Tim ENJ ini berencana mendirikan pustaka mini. Mereka tengah menggalang bantuan dari masyarakat untuk menyumbangkan buku layak baca untuk anak-anak, sekitar 500 buku lagi dibutuhkan untuk perpustakaan mini ini.

Untuk menuju pulau Sebatik tak lah mudah. Ekspedisi ini akan bermula dari Kota Tarakan, Kalimantan Utara, lalu mereka bergerak menuju Pulau Nunukan menggunakan kapal perintis Sabuk Nusantara 36 dengan jarak tempuh 12 jam, lalu melanjutkannya dengan kapal-kapal nelayan setempat, atau menggunakan kapal getek/dompeng melalui Pelabuhan Feri di Nunukan dan berakhir di Pelabuhan Mentikas. Masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan jalur Mentikas. Jalur ini merupakan rute jauh karena memutari pinggiran Pulau Sebatik untuk menuju pusat kota Sebatik yaitu Desa Sei Nyamuk.

Ada beberapa cara untuk menghubungi tim Ekspedisi Nusantara Jaya Provinsi Kalimantan Utara 2017. Jika melalui media sosial, bisa langsung menghubungi melalui twitter di @ENJ_Kaltara, instagram di @ENJKaltara dan Fanspage Facebook di Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 Kaltara.

Selain di media sosial, tim ENJ Kaltara juga membuka donasi berupa buku, peralatan dan perlengkapan sekolah, sembako, seragam sekolah, alat kesehatan dan uang dengan cara menghubungi Muhammad Sidik (0853 9399 9915) dan Saldy Wahyudi (0852 4714 1692) untuk wilayah Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Posko lainnya tersedia di berbagai lokasi yaitu wilayah Ciampea, Bogor oleh Abdi Ridha (0812 7979 2900), wilayah DKI Jakarta dan Tangerang oleh Fitra (0896 1982 2851), wilayah Bontang, Kalimantan Timur oleh Qohhar (0812 9123 0434) dan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Edy (0896 0144 3485).

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Scroll Up